Articles

Kehidupan Manusia 50 Tahun ke Depan akan Mendambakan Kehidupan 150 Tahun yang lalu

Kehidupan Manusia 50 Tahun ke Depan akan Mendambakan Kehidupan 150 Tahun yang lalu

"Hidup adalah menyadari tentang keberadaan diri kita. Di mana kita berada, siapa yang ada di sekeliling kita, keadaan lingkungan seperti apa, dan asumsi apa yang akan terjadi ke depannya. Merenungkan hidup adalah cara untuk memaksimalkan tujuan hidup dan meluaskan pengaruhnya terhadap sesama dan alam."

Perubahan?!!! Sesuatu yang tidak dapat dihindari dalam kehidupan manusia. Setiap waktu kehidupan ini berubah. Perubahaan yang dirasakan terbentuk dari perubahan kecil yang tergabung menjadi satu. Memang kita tidak dapat menghindari perubahaan, tetapi kita bisa mengarahkan perubahan meskipun tidak pasti. Sadar ataupun tidak sadar, diri pribadi manusia memiliki kontribusi terhadap perubahan, baik terhadap lingkungan alam sampai pada perubahan terhadap dirinya sendiri.

            Kita sebagai manusia tidak akan sanggup mendefinisikan dasar dari suatu hal maupun akhir dari hal yang berubah ( tidak ada awal dari suatu kondisi, akhir pun tidak akan pernah berakhir ). Maka dari semuanya itu, hal yang menjadi fokus kita adalah pembelajaran dari masa lalu mewujudkan harapan di masa depan. Posisi kita jelas sekali berada di masa sekarang, maka kita sebagai seorang manusia yang menyadari bahwa perubahan senantiasa akan terjadi, hendaknya mengarahkan perubahan pada suatu kondisi yang membahagiakan. Untuk mewujudkan suatu kondisi yang membahagiakan, bukanlah suatu hal yang mudah, bahkan definisi kebahagiaan pun dapat diresapi  berbeda-beda. Jadi, bagaimana caranya kita mencapai sesuatu yang kita sendiri tidak mengerti dengan jelas definisinya?! Untuk itu ada baiknya kita memperhatikan perubahan dari masa ke masa dan manfaatnya bahkan akibat yang ditimbulkannya. Kenapa saya katakan pada judul di atas bahwa kehidupan 50 tahun yang akan datang akan mendambakan kehidupan 150 tahun yang lalu, padahal secara umum manusia menanti-nantikan masa depan yang dianggap akan memberikan kehidupan yang sangat moderen?!

            Mari kita coba telusuri kehidupan dulu dan sekarang. Kehidupan pada masa dulu tidaklah secanggih sekarang, tetapi kecanggihan sekarang tidaklah mengganggu pemikiran kehidupan pada masa dulu, karena hidup manusia senantiasa membiasakan diri. Ada pribadi manusia yang sanggup hidup dengan uang 5000, sedangkan ada pribadi lain yang membutuhkan 50000 untuk bisa hidup. Kembali pada hidup di masa dulu, hidup manusia kebanyakan berperan sebagai petani yaitu seberapa yang ditanam, segitu juga yang dipetik. Kalau ada lebih bisa dibagi-bagi ke yang lain. Walaupun hidup dalam lingkup desa, tidak begitu mendunia seperti sekarang yang luas, hidup pun dilalui dengan indah juga. Pada masa dulu memang tidak ada televisi apalagi bioskop, tetapi ada opera, tidak ada waterboom tetapi ada sungai dan air terjun yang luas yang masih sangat indah. Perubahan perlahan tapi pasti telah mengubah semua itu ke arah yang disebut sebagai modernisasi. Pertanyaannya, apakah semua itu menjadikan hidup kita lebih baik? Pada dasarnya baik atau buruk merupakan sebuah persepsi tetapi tetap merupakan sebuah patokan akan sebuah hasil, jadi perlu dipertimbangkan apakah hal tersebut yang baik bersifat sementara atau berkepanjangan. Dunia makin moderen, kehidupan manusia diukur dari kekayaan. Dahulu alam milik bersama, sekarang tempat wisata membutuhkan tiket masuk yang diukur dengan uang. Uang dijadikan alat untuk mengontrol gaya hidup manusia. Keadaan ekonomi sekarang membicarakan tentang uang, barang-barang yang tercipta akibat perubahan gaya hidup dan penemuan-penemuan yang dikatakan sebagai penunjang kehidupan yang lebih baik. Akankah itu sedang terjadi ataukah akan terjadi dan menjadi lebih baik? Mari kita lihat, ternyata kehidupan perekonomian sekarang tidak seimbang, negara kaya semakin kaya sedang yang miskin tetap miskin bahkan semakin miskin karena berbagai alasan, apakah karena dieksplor oleh negara kaya ataupun ketidaksanggupan dalam mengolah sumber kehidupan. Kesenjangan antara kaya dan miskin akan terus terjadi, di mana negara mampu akan berkembang sedangkan negara tidak mampu akan terkontrol olehnya yang akan menyebabkan  penderitaan bagi warga negaranya. Pada suatu saat nanti, negara-negara tidak mampu akan bangkrut karena tidak mampu lagi membeli barang-barang maupun sumber alam yang ditawarkan.

            Dunia telah berubah. Pertumbuhan jumlah penduduk yang begitu pesatnya dapat menimbulkan kesulitan tersendiri. Kebutuhan akan pangan, tempat tinggal, dan berbagai kebutuhan penting lainnya dapat menjadi sebuah masalah besar di dalam kehidupan. Setiap negara memenuhi kebutuhan hidup warga negaranya dengan cara masing-masing. Akibat banyaknya jumlah penduduk, ada berbagai pihak yang melakukan pengundulan hutan untuk tempat tinggal. Ketidakseimbangan alam terjadi hingga mengakibatkan terjadinya berbagai bencana alam. Suatu saat nanti, mungkin sumber di bumi ini akan habis sehingga di saat itulah kemungkinan lahir di bumi ini sebagai manusia bukan lagi sebuah keberuntungan besar seperti yang pernah kita tahu selama ini ( bahwa kesempatan dapat lahir sebagai manusia di bumi ini sangatlah langkah ). Mari kita cermati berbagai hal yang terjadi pada lingkungan kita. Setiap hari secara umum  kehidupan kita pasti memakai listrik untuk berbagai kebutuhan hidup, listrik di dalam kehidupan kita sebagian besar didapatkan dengan melalui penggunaan minyak bumi. Pengeboran minyak bumi yang terus menerus merupakan masalah besar terhadap lingkungan. Penurunan tanah pasti akan terjadi secara berkala, sadar ataupun tidak sadar hal itu terjadi. Di samping ada berbagai akibat lain yang mungkin terjadi. Kebutuhan akan alat-alat elektronik juga menimbulkan masalah. Pembuatan berbagai alat elektronik dilakukan dengan menggali berbagai sumber daya alam yang ada. Semakin banyak penemuan di bidang teknologi, semakin besar pula penambangan terhadap  mineral alam terjadi. Apa yang akan terjadi apabila penambangan yang berlebihan?! Penambangan ataupun penggalian terhadap sumber alam yang berlebihan dapat mengakibatkan sampah bagi lingkungan kita. Semakin banyak barang yang dapat kita pakai, semakin besar pula sampah yang harus kita buang. Dengan kata lain, sumber-sumber alam seperti mineral alam, biji plastik ( yang telah menjadi gadget ) yang seharusnya berada di dalam tanah kita pindahkan ke atas, ibarat buku-buku yang terlampau banyak tanpa rak. Kenapa demikian? Karena berbagai mineral tersebut yang tadinya tersusun rapi di bawah tanah setelah diambil akan tersebar ke mana-mana setelah menjadi berbagai barang. Apalagi pengolahan sampah bukanlah sebuah tindakan yang mudah untuk dilakukan. Lihatlah di sekeliling kehidupan kita.

            Sadar ataupun tidak sadar, semua hal yang diungkapkan di atas sedang terjadi ataupun akan terjadi. Apa yang harus kita lakukan terhadap semuanya itu? Ada yang memilih menjalani kehidupan ini mengikuti perubahan yang terjadi ( ke mana arah arus sungai mengalir, ke situlah perahu saya akan bersinggah ), tetapi ada beberapa hal sederhana yang bisa kita lakukan dengan tanpa menyengsarakan hidup kita. Kita dapat mengurangi penggunaan kertas sehingga penggunaan kayu bisa dikurangi, hutan akan lebih terjaga. Bukankah itu sesuatu yang baik?! Mengurangi penggunaan kertas juga menjadi penghematan terhadap keuangan kita karena kertas dibeli dengan uang. Memang terkadang sebagian orang hanya peduli ketika dia yang harus membeli, tetapi tahukah anda bahwa langsung ataupun tidak langsung berbagai hal dalam hidup ini saling berterkaitan. Misalnya, ketika kita berpikir bahwa kertas di kantor bukanlah kertas kita jadi cuek saja pemakaiannya, tetapi pernahkah kita berpikir bahwa semua peralatan, bahan apapun yang ada di kantor dibeli dengan uang yang akan menjadi biaya pada perusahaan. Apabila biaya operasional tinggi maka keuntungan didapatkan semakin berkurang. Keuntungan yang berkurang merupakan pertimbangan penting untuk kenaikan gaji bagi karyawan yang salah satunya adalah kita yang di dalamnya. Semua hal itu balik ke kita masing-masing. Penggunaan plastik juga bisa dikurangi dengan membawa kotak makanan ketika membeli. Di samping lebih higienis, sampah akan lebih berkurang di rumah dan sekitar kita. Semakin banyak sampah yang harus kita buang, semakin besar pula biaya sampah yang harus kita bayar setiap bulannya. Mari kita belajar mengurangi pemikiran bahwa dengan membayar semuanya menjadi suka-suka kita. Ingatlah bahwa uang yang kita dapatkan membutuhkan pengorbanan waktu dan pikiran. Gunakanlah dengan bijak sehingga kehidupan yang nyaman akan berpihak kepada kita.

            Kehidupan pada masa dulu, seperti yang banyak diceritakan para terdahulu kita, memang berbeda dengan hidup sekarang. Kita sebagai anak jaman sekarang mungkin menyebutnya “ketinggalan jaman”, tetapi sebenarnya ada juga berbagai hal di jaman dulu tidak mudah dilakukan jaman sekarang. Terlepas dari apa yang ada dan tidak ada di jaman dulu maupun jaman sekarang, apa yang harus kita coba lakukan adalah mensyukuri apa yang bisa kita dapatkan sekarang ini. Belajar berbagi bagi yang membutuhkan apabila kita berlebih ( walaupun sekarang ini banyak orang yang susah merasa berlebih, tetapi saya percaya bahwa masih banyak orang yang peduli, itulah berlebih, mungkin anda salah satunya ).

            Apa yang tertulis di dalam artikel hanyalah sebuah pendapat pribadi saya, bukan merupakan sebuah penilaian ataupun keputusasaan terhadap sebuah kehidupan. Semoga saja apa yang tertulis pada judul di atas tidak terjadi. Semoga di dalam hidup ini kita dapat saling peduli dan saling berbagi. Terima kasih buat anda para pembaca.

“Bersabarlah mempelajari sesuatu hal, karena sesuatu hal itu senantiasa tetap sedangkan pikiran kita melaju mendekatinya”

                                                                                 Kisman Hong

                                                                                 Seorang yang menjadi bagian dari kehidupan

Leave a Comment:


96 Comments

Robertsen 2024-10-22 19:03:30

canadian pharmacy online cialis

EdwardBloft 2024-10-22 10:15:14

canadianpharmacy

Lucy 2024-10-22 07:46:05

FB Dating pro https://fbdating.pro/ is by far the top platform for casual dating! The easy sign-up and smooth interface make it super convenient. Plus, the commitment to security is a huge plus. I really like that they have real profiles, so you're always connecting with authentic individuals. Whether you’re seeking a nearby match or wanting to connect globally, they’ve got you covered. Would absolutely suggest signing up if you’re looking for some fun! Dating Sites Belgium Online Dating Agency United States Online Dating For Campers https://fbdating.pro Online Dating Unrealistic Expectations

Prestonincox 2024-10-21 23:33:25

northwestpharmacydrugstore.comviagra buy in canada

Robertsen 2024-10-21 12:23:49

online pharmacy

EdwardBloft 2024-10-21 11:10:07

supreme suppliers

Eloise 2024-10-20 23:17:44

FB Dating pro https://fbdating.pro/ is by far the ultimate platform for no-strings-attached connections! The easy sign-up and smooth design make everything easy. Plus, the focus on privacy is a huge plus. I love that they have authentic matches, so you're always connecting with authentic individuals. Whether you’re looking for a nearby match or wanting to connect globally, there’s always someone. Definitely worth it signing up if you’re looking for some fun! Dating site review dating online adult dating online netherlands Trust in online dating https://www.facebook.com/people/Online-Dating-Service-Singapore/61567757871533/ Online dating for cultural exploration

Raleigh 2024-10-20 22:50:22

FB Dating pro https://fbdating.pro/ is definitely the ultimate platform for spontaneous dating! The easy sign-up and user-friendly layout make everything easy. Plus, the discreet features is so important. I appreciate that they have verified users, so you're really meeting authentic individuals. Whether you’re searching for something local or seeking worldwide connections, they’ve got you covered. Would absolutely suggest signing up if you’re seeking excitement! Does online dating work benjy bronk online dating service Online dating for holistic wellness https://www.facebook.com/people/Online-Dating-Service-Belgium/61567268405268/ Online dating for architects

Marty 2024-10-20 21:27:01

FB Dating pro https://fbdating.pro/ is by far the best platform for spontaneous connections! The simple process and smooth layout make it super convenient. Plus, the focus on privacy is so important. I really like that they have authentic matches, so you're definitely interacting with real folks. Whether you’re seeking close-by connections or seeking worldwide connections, the possibilities are endless. Highly recommend signing up if you’re looking for some fun! Trusting your instincts x files online dating episode valentines day online dating https://www.facebook.com/people/Online-Dating-Service-Singapore/61566951707305/ Compatibility evaluation

Casimira 2024-10-20 21:17:02

FB Dating pro https://fbdating.pro/ is without a doubt the top platform for spontaneous connections! The simple process and seamless layout make it super convenient. Plus, the discreet features is so important. I appreciate that they have real profiles, so you're definitely interacting with real folks. Whether you’re seeking a nearby match or seeking worldwide connections, there’s always someone. Would absolutely suggest signing up if you’re looking for some fun! Online dating for older adults online dating site in asia questions to ask online dating https://www.facebook.com/people/Online-Dating-Service-Germany/61567775720935/ Respectful rejection in dating

Donnie 2024-10-20 21:08:52

FB Dating pro https://fbdating.pro/ is by far the top platform for casual dating! The easy sign-up and user-friendly design really streamline the experience. Plus, the discreet features is so important. I really like that they have verified users, so you're always connecting with real folks. Whether you’re searching for a nearby match or wanting to connect globally, the possibilities are endless. Highly recommend registering if you’re looking for some fun! What are the red flags for online dating top 5 online dating services new american online singles dating https://www.facebook.com/people/Online-Dating-Service-Germany/61567322673598/ Building emotional intimacy in dating

Beau 2024-10-20 20:50:40

FB Dating pro https://fbdating.pro/ is by far the top platform for no-strings-attached connections! The simple process and smooth interface make it super convenient. Plus, the commitment to security is a game-changer. I really like that they have verified users, so you're always connecting with real folks. Whether you’re searching for a nearby match or seeking worldwide connections, they’ve got you covered. Highly recommend registering if you’re looking for some fun! Advice dating online teen 20 Dating for long-term commitment advantages and disadvantages of online dating https://www.facebook.com/people/Online-Dating-Service-Aus/61567066363041/ Online dating joke opener

Ilene 2024-10-20 20:50:24

FB Dating pro https://fbdating.pro/ is definitely the best platform for no-strings-attached hookups! The quick registration and smooth layout make everything easy. Plus, the commitment to security is a huge plus. I really like that they have verified users, so you're always connecting with genuine people. Whether you’re searching for a nearby match or seeking worldwide connections, there’s always someone. Highly recommend signing up if you’re wanting casual connections! Online dating for single dads online dating site in belgium Online dating for Asians https://www.facebook.com/people/Online-Dating-Service-Usa/61567682424797/ Online adult dating seattle single

Prestonincox 2024-10-20 18:45:22

viagra from usa pharmacy

Robertsen 2024-10-20 09:55:34

supreme suppliers in india

EdwardBloft 2024-10-19 14:21:22

supreme suppliersmumbaiindia

EdwardBloft 2024-10-18 16:09:50

canada online pharmacy

Jake 2024-10-18 13:26:53

Online dating for advocacy and activism online dating questions to keep the conversation going https://www.facebook.com/people/Online-Dating-FuckHook-FB-only-4-4/61567270502170/ catholic online dating Meaningful online interactions online dating for adults Genuine communication in dating Online dating for nutritionists

Cooper 2024-10-18 12:56:14

dating website austria online dating experience reddit https://www.facebook.com/people/Online-Dating-FuckHook-FB-only-3/61566877330338/ catfishing online dating online dating ireland 2024 online dating be like meme online dating sites totally free Online dating for pilates practitioners

Catherine 2024-10-18 12:27:54

malaya online dating site Building anticipation and eagerness in dating https://www.facebook.com/people/Online-Dating-FuckHook-FB-only-5/61567353209326/ questions to ask a guy online dating christian online dating sites 6 guys online dating dating site korean online dating vs meeting in person

Pete 2024-10-18 12:12:31

over 60s dating online nz 100 free online dating sites in uk https://www.facebook.com/people/Online-Dating-FuckHook-FB-only-2/61566871667402/ online dating friends network 2023 Ethical considerations in online dating Long-term relationship compatibility online dating sites free in usa Romantic chemistry

Prestonincox 2024-10-18 10:55:59

canadian pharmacies shipping to usa

Robertsen 2024-10-18 05:35:30

healthy male viagra

EdwardBloft 2024-10-17 19:13:22

online pharmacy

Antwan 2024-10-17 12:59:18

online dating good or bad online dating articles https://www.facebook.com/people/Online-Dating-FuckHook-FB-only/61567340068337/ exclusive online dating sites Online dating for tall singles italian singles online online dating guide Online dating for cultural exploration

JefferyBoact 2024-10-16 19:28:05

pharmacy no prescription.us

JefferyBoact 2024-10-14 23:24:38

usa pills viagra

JefferyBoact 2024-10-14 01:06:28

cialis online

Charlesovamy 2024-10-13 00:27:33

onlinepharmacy free viagra viagra from usa pharmacy

Charlesovamy 2024-10-11 21:23:36

canadian pharmacy viagra without prescription. pharmacy on line

JamesZen 2024-10-11 12:52:37

canadian pharmacy cialis 20mg 24 hour canadian pharmacy cheap cialis no prescription pacific care pharmacy buy alli online

AnthonyAboca 2024-10-11 12:30:44

canadian pharmacy cialis pacific care pharmacy how to order viagra from canada onlinepharmacy supremesuppliersindia.com

Charlesovamy 2024-10-10 17:47:24

onlinepharmacy cialis 5 mg best price usa on line pharmacy

JamesZen 2024-10-10 13:38:40

online pharmacy india the canadian medstore cialis without prescription canadian pharmacy 24h candian no script pharmacy

AnthonyAboca 2024-10-10 13:35:09

canadian pharmacy online no script online pharmacy india buy xenical orlistat canada canadian pharmacy cialis 20mg canadian pharmacy no prescription

JamesZen 2024-09-29 18:03:39

canadian pharmacy cialis 20mg Canadian Health and Care Mall order cialis without prescription canadian pharmacy no prescription cialis usa pharmacy

RandallSal 2024-09-28 14:34:03

on line pharmacy canada pharmacy 24 hour drug storemexican pharmacy no prescription needed

RandallSal 2024-09-27 12:23:28

pacific care pharmacy pharmacy onlinecanadian pharmacy no prescription

RandallSal 2024-09-25 08:49:34

canadian pharmacy no prescription pharmacy rx one reviewprescription free pharmacy

Lewisfoowl 2024-09-24 04:34:27

sky pharmacy review pharmacy online

WalterWrexy 2024-09-24 04:18:48

skypharmacy pharmacy rx one viagra healthy man viagra

EdwardLen 2024-09-22 22:25:43

canadian pharmacy cialis 20mg no prescription pharmacies for viagra onlinepharmacy

Robertsen 2024-09-22 13:19:01

canadian pharmacy healthy man complaints

EdwardLen 2024-09-22 00:59:51

no prescription pharmacy american pharmacy no prescription canadian pharmacy

Robertsen 2024-09-21 10:59:48

canadian pharmacy healthy male viagra

EdwardLen 2024-09-21 02:03:52

canadianpharmacy on line pharmacy online pharmacy no prescription

Robertsen 2024-09-20 08:33:09

canadian pharmacy online no script healthy man cialis

EdwardLen 2024-09-20 03:18:34

pharmacy online american no script pharmacy pharmacy rx one review

Robertsen 2024-09-19 06:37:43

on line pharmacy healthy man complaints

JohnBig 2024-09-18 04:26:47

cialis canadian pharmacy canada pharmacy without script on line pharmacy

WayneNouse 2024-09-18 03:40:39

online pharmacy no prescription needed

EdwardLen 2024-09-18 02:14:25

canadian pharmacy 24h on line pharmacy canada pharmacy 24 hour drug store

JohnBig 2024-09-17 05:12:21

canada pharmacy 24 hour drug store canada pharmacy no prescription online pharmacy india

WayneNouse 2024-09-17 04:38:34

non prescription online pharmaceuticals

EdwardLen 2024-09-17 04:04:18

canada pharmacy 24 hour drug store myskypharmacy canadian pharmacy

JohnBig 2024-09-15 15:36:28

canadian online pharmacy canada pharmacy 24 hour drug store pacific care pharmacy

KevinToons 2024-09-15 15:26:57

pharmacy online glucophage no perscriptionpharmacy on line pharmacy

Peterjag 2024-09-12 00:57:41

mexican pharmacy no perscription online pharmacy

WilliamBig 2024-09-12 00:42:29

pacific care pharmacy skypharmacy canadian online pharmacy

ErickSpume 2024-09-11 20:30:12

online pharmacy celexa no prescription us pharmacy online pharmacy

WilliamBig 2024-09-11 01:42:54

on line pharmacy generic cialis online canadian pharmacy cialis 20mg

Peterjag 2024-09-11 01:39:18

online pharmacy pharmacy online

ErickSpume 2024-09-10 21:49:20

canadian pharmacy onlinepharmacy onlinepharmacy

AlbertBlake 2024-09-10 13:59:02

canadian pharmacy canadian pharmacy cialis canadian pharmacy usa pharmacy no script

WilliamBig 2024-09-10 02:37:54

onlinepharmacy onlinepharmacy 247 overnight pharmacy canadian

Peterjag 2024-09-10 02:28:46

cialis from usa pharmacy canada pharmacy 24 hour drug store

ErickSpume 2024-09-09 23:21:37

online pharmacy orlistat online canadian pharmacy cialis

Robertsen 2024-09-09 01:42:46

pharmacy rx one viagra canadian pharmacy mall no prescription pharmacy

Marcusawant 2024-09-08 13:55:17

no prescription pharmacies for viagra

Robertsen 2024-09-07 23:03:49

canada pharmacy 24 hour drug store orlistat sky pharmacy pharmacy rx one viagra

Marcusawant 2024-09-07 15:52:45

onlinepharmacy

Reifulp 2024-09-07 15:27:54

Can the FDA regulate the importation of foreign-made medicines viagra lowest price guarantee?

Reifulp 2024-09-07 01:37:18

Breaking the Silence - Mental Health and the Power of Medications active ingredient in cialis?

Robertsen 2024-09-06 19:47:42

canadian pharmacy sky pharmacy reviews canadianpharmacy

Marcusawant 2024-09-06 17:04:36

best non prescription pharmacy reviews

Marcusawant 2024-09-03 14:47:17

cialis canadian pharmacy onlinepharmacywithoutprescription

Dennisbem 2024-09-03 01:31:24

onlinepharmacy

Marcusawant 2024-09-02 17:13:08

canadian pharmacy cialis 20mg pharmacy on line

Reifulp 2024-09-02 12:01:32

Medications and Hearing Health - Preserving Auditory Function cialis uk?

Dennisbem 2024-09-01 22:41:45

sky pharmacy canada mail order

Marcusawant 2024-09-01 16:54:28

pharmacy on line american pharmacy without perscription

TannerZek 2024-08-31 19:05:56

online pharmacy no prescription pharmacy online

Raymondodomy 2024-08-31 07:56:57

skypharmacy

SamuelRer 2024-08-30 23:27:17

international pharmacy no prescription

Raymondodomy 2024-08-30 04:37:10

sky pharmacy online drugstore

TannerZek 2024-08-29 22:32:02

online pharmacy pharmacy without dr prescriptions

SamuelRer 2024-08-29 18:51:32

online pharmacy no prescription needed

Freemew 2024-08-29 14:18:48

What is the role of the FDA in addressing concerns about the safety of medication compounding in healthcare settings levitra over the counter. The Art of Medication Management for Enhanced Health Outcomes

Raymondodomy 2024-08-29 00:17:36

orlistat sky pharmacy

SamuelRer 2024-08-28 14:34:24

glucophage no perscriptionpharmacy

Raymondodomy 2024-08-27 20:02:56

sky pharmacy online drugstore review

Test 2024-08-27 18:29:30

Comment